Mobil Layanan Keliling Kejaksaan Hadir di Kabupaten Pakpak Bharat


By: Admin 11/06/2020

Ditengah pandemi Covid-19, Kejaksaan Negeri (Kejari) Dairi, Provinsi Sumatera Utara, membuat suatu terobosan baru dalam hal peningkatan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, dan juga sebagai bentuk inovasi dalam pembangunan zona integritas wilayah bebas korupsi dengan meluncurkan mobil layanan keliling di Kabupaten Pakpak Bharat. 



Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Dairi melalui Kasidatun, Zulkarnain Harahap, Kamis (11/6) menjelaskan, Mobil layanan keliling ini Khusus beroperasi  di Kabupaten Pakpak Bharat karena belum adanya kantor kejaksaan di Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Dairi tersebut. Mobil layanan keliling ini diberi nama, Berbakti Untuk Pakpak Bharat.



Adapun pelayanan pada Mobil layanan keliling ini adalah,administrasi persuratan,pos pelayanan hukum,pos pengaduan masyarakat,pembinaan masyarakat taat hukum,penyuluhan dan penerangan hukum serta pelayanan tilang terbatas.Tilang terbatas maksudnya apabila ada masyarakat yang kena tilang, agar terlebih dahu konfirmasi ke pihak kejaksaan. selanjutnya pihak kejaksaan akan datang dan proses penyerahan  bukti tilang yang diproses di mobil layanan keliling, sehingga masyarakat Pakpak Bharat tidak perlu jauh lagi harus ke Kabupaten Dairi untuk mengurusnya.



Intinya kenderaan layanan keliling ini untuk memudahkan masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat menerima pelayanan dari kejaksaan Negeri Dairi yang baik dan transparan, jelas Kasidatun.



Mobil layanan keliling ini akan dioperasikan dua kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa di sejumlah titik strategis di seputaran ibu kota Pakpak Bharat, sementara pada hari Kamis akan beroperasi di Pusat Pasar Klohi, Salak Pakpak Bharat" jelas Zulkarnain Harahap.



B.Limbong, salah satu warga Pakpak Bharat mengaku, hadirnya mobil layanan keliling kejaksaan Negeri Dairi di Kabupaten pakpak Bharat ini dinilai akan sangat membantu masyarakat, dirinya mengaku baru kali ini ada mobil layanan keliling dari Kejaksaan hadir di Pakpak Bharat.



Saya sebagai warga merasa senang atas hadirnya mobil layanan keliling dari kejaksaan Negeri Dairi ini, karena ketika ada urusan seperti kena tilang tak perlu lagi  jauh mengurus ke kabupaten Dairi, sehingga tidak memakan waktu lama" ujar B Limbaong, yang mengaku pernah mengurus surat tilang ke Kabupaten Dairi.



Saat berada dipajak Klohi Salak,Pakpak Bharat,para petugas mobil layanan keliling dari Kejari Dairi, terlihat berdialog dengan para pengunjung pasar sembari membagi-bagikan brosur informasi.