Jelang Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), Pj Bupati Pakpak Bharat Blusukan ke Pasar Klohi Salak, Sosialisasi Protokol Kesehatan


By: Admin 04/06/2020

Dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah terkait penerapan New Normal atau AKB (Adaptasi Kehidupan Baru), Pj. Bupati Pakpak Bharat,Dr.H Asren Nasution,MA, blusukan ke pasar Klohi salak guna melakukan sosialisasi kepada pengunjung pasar, ,pada Kamis (04/05).



Sosialisasi ini sebagai upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 untuk memberikan pemahaman berbagai ketentuan penerapan protokol kesehatan bagi penyelenggara kegiatan di pasar rakyat pada masa pandemi Covid-19 jelang penerapan New Normal dalam hal mengantisipasi merebaknya Covid-19.



Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Pakpak Bharat,Dr.H Asren Nasution,MA,Kapolsek Salak,Personil Koramil Salak,Orba Manik selaku Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, Asisten Pemerintahan Drs, Tekki Angkat, Staf Ahli, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Aryanto Tianambunan, M.Si. dan lainnya dengan melibatkan berbagai unsur seperti Polisi,TNI, Dinas Kesehatan,BPBD,Satpol PP,Dinas Pasar dan unsur lainnnya.



Saat sosialisasi ini para pengunjung yang masuk ke areal pasar diberikan masker gratis dan masih dalam tahapan himbauan. Begitu juga saat berkeliling di pasar, sejumlah pedagang yang kedapatan tidak menggunakan masker dihimbau agar segera memakainya.



Petugas juga mengajak seluruh pengunjung pasar  termasuk para pedagang untuk sering mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan oleh Pemkab Pakpak Bharat di sejumlah pintu masuk menuju pasar, selalu menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan aturan lainnya.



Dipasar kelohi ini pemkab pakpak Bharat juga telah mempersiapkan beberapa fasilitas penunjang seperti tempat pencucian tangan, pengukur suhu tubuh, baliho himbauan pencegahan Covid-19.



Pj. Bupati Pakpak Bharat,Dr.H Asren Nasution,MA, menyampaikan bahwa sosilalisasi ini merupakan persiapan menuju new normal yang telah dicanangkan oleh  pemerintah sebagai persiapan menunggu petunjuk lebih lanjut kapan new normal ini akan dilaksanakan,sehingga masyarakat bisa menyesuaikan karena proses penyesuaian dengan aturan baru ini tentu butuh proses. 



Saya melihat hari ini masyarakat sudah begitu faham dengan aturan ini, saya harapkan ini bias diterapkan disemua lapisan masyarakat tanpa terkecuali, dan akan kita sosialisasikan terus di pasar-pasar di Kabupaten Pakpak Bharat ini, ujar Asren Nasution.



Pj. Bupati Pakpak Bharat berharap agar masyarakat disiplin dan tetap patuh untuk menjalankan protokol kesehatan sehingga kondisi zona hijau bisa terus dipertahankan.



Rencananya sosialisasi ini akan terus berlanjut ke pasar-pasar tradisional lainnya seperti pasar Sukaramai Kec.Kerajaan,pasar nanjombal,pasar Singgabur dan pasar tradisional lainnya.