Pemkab Pakpak Bharat Distribusikan Bantuan Sembako bersumber dari APBD


By: Admin 03/06/2020

Usai pendistribusian bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat, Pemprovsu dan BLT Dana Desa, Pemkab Pakpak Bharat siapkan ribuan paket bantuan pangan kepada masyarakat Pakpak Bharat.



Bantuan tersebut bersumber dari APBD Pakpak Bharat dan bertujuan untuk mengcover masyarakat yang belum pernah mendapat bantuan apapun baik yang bersumber dari pemerintah pusat, Provsu maupun BLT DD.



Menurut jumlah data penerima bantuan pangan yang belum pernah menerima bantuan yang ada di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kabupaten Pakpak Bharat yang diperoleh dari Dinsos Kab. Pakpak Bharat, adalah sebanyak 651 KK. Data ini bisa kemungkinan akan bertambah karena masih menunggu data dari beberapa Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat.



Adapun bantuan yang akan didistribusikan tersebut, berupa beras 14,5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter dan mie instan 5 bks serta akan diberikan selama 3 bulan mulai Juni, Juli hingga Agustus tahun 2020.



Untuk memastikan ketepatan kuantitas dan kualitas bantuan, sebelum bantuan tersebut didistribusikan, Pemkab Pakpak Bharat terlebih dahulu melakukan cek fisik yang disaksikan oleh pihak kejaksaan diwakili oleh Kasi Datun, Zulkarnaen Harahap, pihak DPRD Pakpak Bharat diwakili oleh Ronal Lubis, BPBD dan lainnya.



Usai dilakukan cek fisik, pendistribusian bantuan ini ditandai dengan penyerahan langsung oleh Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution, MA, didampingi oleh perwakilan TNI/Polri, pimpinan OPD, Camat dan kepala Desa, ke rumah warga yang berdomisili di Desa Salak I, Kecamatan Salak, Pakpak Bharat tetapi administrasi kependudukannya masih di luar Pakpak Bharat.



Tidak Ada Warga Yang Kelaparan



Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution, MA, Selasa (02/06) mengatakan, bahwa penyediaan bantuan pangan yang bersumber dari APBD Kab Pakpak ini merupakan hasil musyawarah dan kesepakan bersama dengan unsur Forkopimda serta unsur lainnya agar tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi COVID-19 di Kabupaten Pakpak Bharat ini.



Untuk itu, Asren Nasution mengimbau kepada seluruh pendata desa, pendata kecamatan yang didampingi TNI Polri atau tiga pilar desa, agar terus melakukan pencarian data terhadap warga yang berhak mendapatkannya, tetapi belum pernah mendapat bantuan apapun, agar segera didata karena dirinya tidak mau ada warga Pakpak Bharat yang kelaparan.



Tidak Punya KTP Tetap Dapat Bantuan



Walaupun tidak punya KTP, asal sudah lama bertempat tinggal di wilayah Pakpak Bharat, akan kita berikan bantuan,kata Asren Nasution.



Sementara itu, salah seorang penerima bantuan yang belum memiliki KTP Pakpak Bharat, Ferdian Tinambunen, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Forkopimda dan Pemkab Pakpak Bharat beserta jajarannya, sebab walaupun status kependudukannya belum resmi di Pakpak Bharat tetapi Pemkab tetap memberikan perhatian kepada dirinya.



Terimakasih kepada Pj Bupati beserta rombongan yang sudah langsung datang ke rumah kami ini untuk memberikan bantuan pangan kepada kami, ucap Ferdian Tinambunen.



Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat, Ronal Lubis, SE, saat menyaksikan pengecekan fisik bantuan mengatakan, ribuan paket yang disediakan oleh Pemkab Pakpak Bharat, sudah tepat dengan kebutuhan masyarakat saat ini.



Ronal Lubis, yang berasal dari Partai Demokrat ini berharap agar dalam penyaluran bantuan ini supaya dibagi secara merata dan benar-benar tepat sasaran.